Bangun_Pagi

Malas Bangun Pagi ? Rugi Banget Nggak Bisa Memanfaatkan Kesempatan Bangun Pagi

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sahabat Muslim, kita sebagai umat muslim setiap pagi diwaktu subuh sudah pasti bangun dan melaksanakan ibadah sholat subuh. Sebagian umat muslim lainnya bahkan sebelum subuh sudah terjaga untuk melaksanakan ibadah sunah seperti sholat tahajud.

Kebiasaan bangun pagi bisa membuat berfikirn positif dan lebih aktiv lagi untuk menjalani kesehariannya. Selain itu bangun pagi juga diketahui bisa menciptakan rasa bahagia, dimana perasaan ini mengacu pada suasana hati secara umum sepanjang hari.

Ditulisan kali ini mimin ingin membagikan beberapa manfaat bangun di waktu pagi. Apa saja itu ? Mari kita simak ulasannya, dan bisa juga kita terapkan pada kehidupan kita sehari-hari ya sahabat muslim…!! Ulasan kali ini mimin dapatkan dari sumber terpercaya yaitu dari website hellosehat.com yang berlegalisasi dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Mendukung Pola Makan Sehat.

Ketika bangun pagi, kita punya cukup waktu untuk menyiapkan sarapan yang sehat. Sebaliknya, kebanyakan orang memilih makanan cepat saji yang cenderung tidak sehat untuk sarapan. Beberapa orang bahkan memilih untuk melewatkan sarapan karena takut terlambat. Akibatnya produktivitas dapat terganggu karena perut dalam keadaan kosong.

Nah sahabat sudah jelas ya !! ternyata sebagian orang karena memiliki kegiatan yang sangat padat sehingga kegiatan tersebut menjadi salah satu faktor mereka untuk tidak bisa memanfaatkan waktu di pagi hari.

Membantu Kulit Terlihat Lebih Sehat

Bangun siang membuat kita kekurangan waktu untuk merawat kulit. Dampaknya, kulit menjadi terlihat lebih kusam dan tidak sehat. Jika bangun pagi kita akan memiliki waktu yang cukup untuk melakukan eksfoliasi wajah dan tubuh saat mandi. Hal ini membantu mengencangkan dan membersihkan kulit.

Olah raga pagi setelah bangun tidur juga memberikan manfaat dalam menyehatkan kulit kita.

Memberi Waktu Kita Berolahraga

Selain menjaga tubuh tetap terasa bugar dan bersemangat untuk menjalani hari, berolahraga juga baik untuk kesehatan metal karena dapat membantu mengatasi stres.

Selain itu, berolahraga pagi juga memberi kesempatan pada tubuh kita untuk menghirup udara segar. Hal tersebut akan membantu meningkatkan suasana hati dan memberi energi tambahan untuk beraktivitas.

Bahkan, kabarnya udara dingin dapat membakar kalori dengan lebih efektiv dan membantu kita menurunkan berat badan.

Meningkatkan Konsentrasi

Dengan bangun pagi berarti kita sudah menyiapkan diri untuk mengawali rencana aktivitas hari itu. Hasilnya, kita akan lebih fokus ketika beraktivitas tanpa banyak memikirkan apa yang harus dilanjutkan selanjutnya.

Berbeda dengan ketika kita bangun siang, terbatasnya waktu cenderung membuat aktivitas kita kurang terorganisasi.

Meningkatkan Produktivitas

Bangun pagi merupakan rutinitas sehat yang meningkatkan produktivitas. Manfaat bangun pagi ini bisa didapatkan karena beberapa alasan, di antaranya:

  • Memberikan banyak waktu untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan
  • Pikiran cenderung lebih jernih
  • Kita jadi lebih mudah fokus pada tugas penting dengan gangguan yang minim.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Meningkatnya kualitas tidur merupakan salah satu manfaat bangun subuh yang paling penting. Bangun lebih awal membantu mengurangi resiko kita begadang sehingga tubuh dapat beristirahat seperti seharusnya.

Efek positifnya, tubuh menjadi lebih segar ketika bangun. Tak hanya baik untuk fisik, rutinitas ini juga membantu mengurangi resiko stres, yang dapat meningkatkan resiko masalah mental.

Merasa Lebih Bahagia

Bahagia disisni bukan berarti merasa senang dalam waktu 15 menit setelah bangun pagi. Perasaan ini mengacu pada suasana hati kita secara umum setiap hari. Penelitian oleh Biss dan Hasher (2012) menunjukkan bahwa lansi cenderung lebih bahagia dari anak muda karena lebih sering bangun pagi.

Sementara itu, anak muda dan dewasa yang sering tidur larut malam dan jarang bangun pagi memiliki suasana hati yang lebih buruk setiap harinya.

Nah gimana sahabat, apakah sudah tertarik melakukan rutinitas bangun di pagi hari? Ternyata selain membuat fisik dan jasmani kita jadi lebih sehat ternyata bangun pagi juga menjadikan salah satu faktor kabahgiaan kita sepanjang hari lho!.

Nah dikesempatan kali ini, mimin mau berbagi tips juga nih untuk sahabat muslim Nusantara!

Meski membarikan banyak manfaat bagi kesehatan jiwa dan raga kita, namun masih banyak diantara kita yang sulit melakukan kegiatan bangun di pagi hari. Inilah beberapa hal yang bisa kita coba.

1. Tidur Lebih Awal

Jika diantara kita masih suka begadang, cobalah tidur lebih awal agar bisa bangun pagi. Terlepas dari rutinitas kita yang menuntut untuk bekerja sampai malam hari atau bekerja di waktu malam, yang masih membuang waktunya dengan sia-sia mimin kasi tahu nih, agar bisa mengurangi dan rubah waktu tersebut dengan hal yang positif yaitu tidur lebih awal di malam hari.

2. Hindari Gadget dan Laptop.

Agar kita bisa tidur lebih awal, biasakan setelah sampai ditempat tempat tidur simpan dahulu ponsel dan perangkat elektronik lainnya. Hal ini yang bisa membuat kita cendrung untuk begadang. Hal ini dilakukan agar kita lebih fokus untuk beristirahat.

3. Minuman yang Mengandung Cafein

Untuk sahabat muslim yang hobi minum Coffee, usahakan tidak dikonsumsi di malam hari. Karena minuman yang manis dan mengandung Cafein akan membuat kita terjaga sepanjang malam. Hal ini akan mengganggu keefektifan tidur malam kita sahabat.

4. Jauhkan dari Gangguan Suara

Suara yang berisik akan mengganggu kita untuk tidur cepat sehingga akan ada kegelisahan pada saat ingin tidur. Usahakan ketika ingin tidur jangan menghidupkan musik atau suara apapun yang mengganggu konsentrasi tidur kita.

5. Jauhkan Alarm dari Tempat Tidur.

Hal ini juga akan membuat kita bangun tidur lebih awal. Ketika menjauhkan alarm dari tempat tidur kita akan bangun dan segera mematikannya. Namun jika alarm kita letakkan dekat dengan tempat tidur maka akan ada kecendrungan kita untuk mengatur kembali alarm saat berbunyi.

Jika diantara kita memiliki gangguan untuk tidur tanpa alasan yang jelas, segera konsultasikan ke dokter. Kondisi ini menjadi tanda gangguan tidur yang perlu mendapatkan penanganan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *