Puasa Ramadhan

PUASA RAMADHAN

Ibadah puasa adalah salah satu ibadah di rukun Islam yang wajib dijalankan oleh setiap muslim yang mukallaf.  Tujuannya sendiri adalah tiada lain agar manusia mencapai derajat taqwa.

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (Al Baqarah 2:183)

Selain itu masih banyak hadits lain yang menyebutkan bahwa puasa Ramadhan memiliki banyak keutamaan. Seperti :

  1. Sarana untuk mendapatkan ampunan dosa
  2. Pengangkat derajat kebaikan
  3. Memperbanyak pahala

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah bersabda,

“Setiap amal perbuatan anak Adam adalah untuknya, kecuali puasa, karena puasa adalah untuk-Ku dan aku sendiri yang akan membalasnya”.

Di sini bisa kita lihat bahwa pahala ibadah puasa, akan dibalas Allah Subhnahu Wata’ala secara khusus.

“Al-Qurtubi berkata, Ketika amalan-amalan yang lain dapat terserang penyakit riya, puasa tidak ada yang dapat mengetahui amalan tersebut, kecuali Allah, maka Allah sandarkan ibadah puasa itu kepada Diri-Nya”.

 Dalam Hadits lain Rasulullah juga bersabda,

“Segala sesuatu ada zakatnya, dan zakat tubuh adalah berpuasa”.

Begitulah puasa, layaknya zakat sebagai pembersih harta, maka puasa juga akan menjadi sarana pembersih tubuh atau detoksifikasi. Dengan berpuasa maka tubuh akan menjadi lebih sehat, bersih dan sehat. Dengan berpuasa satu bulan penuh di bulan Ramadhan maka akan membantu membersiahkan tubuh dari segala macam racun yang menumpuk sdalam tubuh selama sebelas bulan. Lebih baik lagi jika sudah membiasakan diri dengan puasa sunnah seperti puasa Senin Kamis, Yaumul Bidh, dan puasa sunnah lainnya. Selamat Menjalankan Ibadah Puasa

Sumber : Buku JSR Ramadhan

Penulis : dr Zaidul Akbar

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *